UBUME


Sebuah yokai atau hantu di Jepang, muncul dalam cerita rakyat dan sastra sebagai seorang wanita tua dengan seorang anak dalam pelukan nya. Dia sering memohon kepada pejalan kaki yang iya temui untuk merawat bayinya lalu dia akan menghilang.

Percaya atau tidak berat anak ini akan terus bertambah seperti batu besar malah bisa lebih berat dari batu besar itu.
Ubume awal nya adalah nama untuk jenis ikan laut kecil, berbeda hal dengan cerita rakyat jepang. Menurut orang Jepang Ubume adalah hantu seorang wanita yang meninggal pada saat melahirkan atau wanita melahirkan hantu.

Biasanya, Ubume meminta pejalan kaki untuk memegang anak nya untuk sesaat dan menghilang ketika korban nya mengambil bayi yang terbungkus dengan selimut itu. Lalu berat bayi kemudian semakin berat sampai tidak mungkin untuk terus di pegan oleh korban. Hal ini kemudian mengungkapkan tidak menjadi anak manusia melainkan menjadi sebuah batu atau gambar batu Jizo. Banyak sarjana atau pun ilmuan untuk menyelidiki legenda hitobashira tersebut. Dimana kejadian itu merupakan seorang ibu korban dan anak nya terkubur di bawah salah 1 pilar pendukung jembatan baru.

Candi Shoshin'in menurut para ahli atau pun ilmuan adalah tempat dimana wanita sering datang untuk berdoa untuk mendapatkan kehamilan yang sukses. Menurut Stone dan Walter (2008), asal usul legenda candi ditetapkan pada pertengahan abad XVI. Patung modern Ubume, ditampilkan satu tahun sekali pada bulan Juli. Pada festival ini, permen di berikan secara gratis dan wanita berdoa untuk mendapatkan susu yang berlimpah. Patung ini pun hanya memiliki kepala badan dan lengan dan tidak memiliki bagian bawah. Dan patung ini berpakaian jubah berwarna putih.

0 Response to "UBUME"

Posting Komentar